Tren Serta Peluang Industri E

perkembangan bisnis online

Bos CT Corp yang juga menteri koordinator perekonomian era SBY, Chairul Tanjung, mengungkapkan bahwa skema jual beli online atau e-commerce berpotensi meningkatkan pengangguran di Tanah Air. Sebab, pedagang tradisional akan semakin kehilangan pembeli dan terpaksa gulung tikar. Teliti sebelum membeli, carilah informasi mengenai online-shop tersebut dan pilihlah cara paling aman dalam membayar. Dengan begitu, diharapkan kita bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama belanja online. • Hemat tenaga dan waktu, tidak perlu berjalan dari satu toko ke toko lain untuk mendapatkan barang yang diinginkan. • Bisa membandingkan harga dengan mudah dari satu online-shop ke online shop-lain.

Perusahaan strartup yang didirikan sejak tahun 2016 itu mengalami peningkatan penjualan hingga lima kali lipat. Produk yang mengalami peningkatan secara signifikan yaitu aneka produk kesehatan, tetapi tidak hanya itu mereka juga menjual jamu, salad, sayuran, minuman kesehatan dan lainnya. Disampaikan Head of Marketing di Indonesia untuk Facebook, Hilda Kitti, orang Indonesia makin sering belanja online sejak dua minggu terakhir Februari 2020.

BPS dalam surveinya menunjukkan pola belanja online atau daring meningkat 31% selama pandemi. Menurut SIRCLO, dibandingkan dengan membangun teknologi dan sistem e-commerce terintegrasi dari nol, sebuah brand dapat menghemat setidaknya 92% dari nilai total investasi yang dibutuhkan, apabila bekerjasama dengan enabler. Namun demikian, meski berada dalam situasi bisnis yang semakin kompetitif, banyak potensi di industri e-commerce Indonesia belum tergali, terutama di berbagai kota di luar Pulau Jawa. Sebanyak 55 persen orang di Indonesia mengetahui jenis produk atau brand baru dari menonton video dan sebesar 79 persen mengatakan bahwa mereka akan membeli sebuah produk yang menampilkan instruksi cara penggunaan produk tersebut. Dan sebuah data yang lebih “gila” lagi adalah, sebesar 92 persen pemilik smartphone menghabiskan setidaknya satu kali dalam seminggu untuk membuka Youtube. Perilaku para konsumen Indonesia yang senang melakukan riset sendiri melalui smartphone mereka ini bahkan berada diperingkat kedua di region Asia Pasific setelah Thailand. Faktanya, sebanyak 80 persen orang baru akan menentukan pilihan untuk membeli atau membatalkan pembeliannya melalui online, setelah melakukan ”konsultasi” pada smartphone mereka.

perkembangan bisnis online

Hal ini karena pengguna internet aktif di Indonesia, 70 persennya adalah pengguna smartphone. Tidak hanya sebagai alat untuk menggaet para customer baru, tapi juga mengelola database customer lama yang sudah menginstall dan mendaftar.

Perkembangan ini kemudian berlanjut dengan kehadiran mereka di aplikasi smartphone untuk memudahkan akses para penggunanya. Kehadiran platform mereka juga membuktikan bahwa smartphone bisa menjadi perpanjangan tangan untuk menjangkau para pengguna setiap harinya.